Sabtu, 20 Oktober 2012

Smoking Area Bandara Jakarta dan Singapura ..


Smoking Area ...
Diamanapun gua pergi, fasilitas itu selalu yang pertama yang gua cari ...
Restoran, Bandara, Mall, Gedung Kantor, Hotel, Tempat Meeting ...
Smoking area pasti yang pertama gua tanyain ....
Kadang, rasa gondok nempel di tembolok gua kalo mesti meeting di tempat non smoking ...
dan psst ... dari survey nggak imbang gua, 60% dari hasil meeting di tempat non smoking biasanya gagal ... hehe ... gak tau apa karena atsmosfer terasa formal atau guanya yg 'berasa' tertekan ....

Dari pengalaman gua datengin beberapa Smoking Area, ada sedikit gua gambarin perbedaan njomplang antara fasilitas smooking area di Bandara Soekarno Hatta Jakarta dan Changi Singapura ...



Smoking Area Terninal 1 Bandara Soekarno Hatta ...

Dari pengalaman gua di beberapa tempat, Indonesia tetep surganya para perokok, tapi sayang untuk fasilitas ..
Indonesia kayaknya mesti bebenah lagi ..

see that little box beside ...
that is smoking area Terminal 1 Bandara Soetta ...




Masuk kedalam...
diruang semi terbuka ukuran 4 x 4 meter, serasa sesak dipenuhi para smoking mania  ...

Kita terpaksa bergantian memasuki ruang ekslusif untuk para komunitas penyumbang pajak terbesar Indonesia ...

Dengan fasilitas 1 buah asbak, para smoking mania dipaksa bergantian bembuang abu dan puntung di satu tempat ...



Disatu tempat?
ups ...
ada yang terlewat, kayaknya ada asbak yang lebih besar diluar ruang Smoking Area ....







Dibawah ruang Smoking room, diatas saluran Blower AC ada berserakan bungkus rokok, ratusan puntung rokok, dan sampah gak jelas adem ayem nyantai disitu ...

Gak jelas apa maksud Pengelola Bandara Soetta ngerawat sampah2 disitu, apa mungkin itu salah satu fasilitas tong sampah andalan milik pengelola bandara ? ...





Smoking Area Terminal 1 Bandara Changi Singapura ..

Smoking Area Terminal 1 Changi ada di sekitar Gate C berada di atap Terminal ..

Dari sisa lahan yang ada, Pengelola membuat membuat semacam taman yang lumayan nyaman ....




Dengan tutup tenda semi permanen dan pohon2 taman yang ijo, tempat yang harusnya panas .. jadi 'berasa' adem di ati ...







Fasilitas ini juga kejaga kebersihannya, ada banyak asbak, gak ada puntung rokok berserak..

Dan kayaknya petugas sapunya (yang tongkronganya kayak inspektur vijay) juga rajin tiap berapa menit nyapuin puntung dan abu yang bececeran ...
Disitu juga ada Cafe jualan minuman ... tapi sepi pembeli ...
all says is looking good lah ...



Sebenernya Indonesia bisa bikin fasilitas kayak gitu ... gak gede2 amat biayanya ....
Dengan jumlah perokok yang besar, kalo teliti, pengelola bandara juga bisa membuka peluang bisnis, dan menambah lapangan kerja disitu ...

Jika fasilitas yang sama ada di Bandara Soekarno Hatta, gua rasa tu cafe nggak bakal sepi2 amat ... dan .. tu tempat bakalan tempat kedua paling rame setelah konter check in ...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar